Sunday, April 1, 2007

Poto manipulasi tutorial

Prakata

Sebelumnya saya minta maaf kepada master2 potosop di Indonesia karena sebenernya tingkat saya dalam menggunakan potosop belumlah pantes ngajar2 orang menggunakan potosop. Saya sendiri baru pegang2 photoshop 2 tahun lalu. Semenjak itu saya rajin ikutan kontes di www.photoshopcontest.com, lalu ke www.freakingnews.com dan www.worth1000.com. Dari sana saya menyadari bahwa saya sangat menikmati berpoto manipulasi. So.. Potosop bagi saya baru sebatas napsu. Jadi menurut saya juga, tutorial ini belum layak dikomersiilkan, dan jangan ada yg beli tutorial ini.

Motivasi saya dalam memberikan tutorial dan sok2an ngajar poto manipulasi, adalah karena saya perhatikan, peminat poto manipulasi di Indonesia kurang tinggi. Jadi kok ya saya merasa sendirian gitu lo.. So.. kalo ada yg pengen bisa berpoto manipulasi, saya dgn senang hati akan membantu. Dalam tutorial ini, saya anggap kalian sudah faseh dalam berpotosop ria. Jadi saya tidak terlalu detail dalam menerangkan langkah2.

Poto Manipulasi?
Poto manipulasi sendiri menurut saya adalah kegiatan memanipulasi (mengubah2) poto orisinil menjadi terlihat berbeda baik menjadi lebih bagus ataupun lebih jelek. Dalam seni ini, semakin tidak terlihatnya hasil manipulasi, semakin bagus karya tsb. Semakin terlihat realisitis, semakin bagus hasil karya tsb.

Sebenernya seni ini juga bisa (dan sering) disalahgunakan oleh para penjahat2 utk memfitnah. Dengan memanipulasi sebuah poto, untuk membohongi masyarakat. Maka dari itu, jangan percaya 100% hanya pada mata mu. Tapi spt pisau atau tenaga atom, seni poto manipulasi bisa bermanfaat bagi manusia, bisa juga jadi senjata mematikan. (jieeee...)

Untuk bagian pertama saya beri tutorial tentang menggabungkan dua mahluk, dalam contoh adalah Kodok dan buaya. Kemudian mungkin kan menyusul ttg dasar2 memotong gambar (chopping), dan menempelkan graffiti pada sebuah object. Sekarang saya bahas dulu bagaimana mengawinkan dua mahluk dgn menggunakan potosop. Ndableg

No comments: